Mari kita belajar bagaimana menyusun kalimat dalam bahasa madura. pada dasarnya sama saja dengan bahsa indonesia. bahasa madura juga mempunyai “carakan lo…” lo di jawa ada “o no co ro ko dst” di madura ada “a na ca ra ka dst” tapi “a” juga bisa di katakan “ha” berlaku jika kita hendak menulis kata “ha”. misal “HARIS” jadi carakan “a” difungsikan sebagai “HA”. tapi dalam artikel ini kan membahas kalimat dalam tulisan biasa bukan carakan madura.

sebelumnya ada aiknya kalau ada mengunjungi link tentang SUBJEK, KATA KERJA, KATA SIFAT dan KATA BENDA.
dalam bahasa madura ada 2 jenis ejaan yaitu ejaan lama dan ejaan baru. perbedaannya adalah:
ejaan lama : menggunakan huruf “e” untuk membunyikan vokal “e”
ejaan baru : menggunakan huruf “a” untuk membunyikan vokal “e” tapi diatas huruf “a” diberi tanda petik namun sayang di wordpress ini penulis tdk tahu bagana menuliskan huruf tersebut. namun jika di word kita bisa mengambilnya di “simbol”
contoh : maduhure (ejaan lama) madhura (ejaan baru) ingat, di atas huruf “a” diberi tanda petik. namun bacaannya huruf “a” diatas berbunyi “e”.

setelah anda mengunjungi link diatas anda akan lebih paham tetntang kosa kata bahasa madura. di bahsa madura ada pengulangan kata untuk kata-kata tertentu misal : taretan = saudara. jika kita mau bilang “saudara-saudara” maka kita bilangnya “tan-taretan“.

sisa – sisa = rE-karEh berasal dari kata karEh

manis – manis = Nes-manEs berasal dari kata manEs

cantik – cantik = din-raddin berasal dari kata raddin

berikut contoh penyusunan kalimat bahasa madura :

ayah makan nasi = bapak ngakan nasEk (bhs kasar) = rama adhE’Er nasEk (bhs halus)

ibu pergi ke pasar = Ebuh entar kapasar (bhs kasar) = Ebuh meyos ka pasar (bhs halus)

adik tidur siang = alek tedung abEn/siang (bhs kasar) = alek tedung abEn/siang (kasar halus sama saja) karena yang di jadikan subjek adalah “adik” lebih muda dari kita. kecuali yang tidur adalah yang lbh tua dari kita atau yang kita hormati seperti putra raja/kyai.

mm…. sementara disini saja dulu. udahngantuk mo tidur. selamat belajar…..

About these ads