Bangkalan,SURAMADU Mega proyek jembatan Suramadu bakal diresmikan 12 Juni 2009 mendatang oleh Presiden RI. Jadwal tersebut molor tiga bulan dari prediksi awal yakni bulan April. Salah satu faktor penyebab molornya penyelesaian Suramadu adalah pembebasan lahan beberapa waktu lalu.

suramadu-1b fs17fs19

fs16

Asisten Tehnik Jembatan Suramadu Sisi Madura, Hendriyanto mengatakan, penyebab molornya proyek jembatan Suramadu adalah pencairan dana yang terlambat. Serta pembebasan lahan milik warga. Sehingga menghambat kinerja para pekerja proyek.

“Namun, sekarang semuanya sudah beres. Masalah dana sudah cair, sementara pembebasan lahan sudah selesai,” terang Hendriyanto pada wartawan di kantornya, Desa Labang, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Senin (30/3).

Sehingga, sambung Hendriyanto, penyelesaian jembatan Suramadu meleset dari jadwal yang telah ditetapkan semula. Ia mengaku, jembatan Suramadu bakal diresmikan April 2009, namun setelah banyak kendala di lapangan akhirnya baru bisa diresmikan 12 Juni 2009.

Hendriyanto menjelaskan, untuk sisi Madura jembatan pendukung (causeway) sepanjang 1,8 km sudah selesai pada Desember 2008 lalu. Sedangkan untuk jalan akses jembatan Suramadu di sisi Madura dijadwalkan selesai Mei 2009.sur1b

Ia mengaku, tahap pengerjaan untuk jalan akses Suramadu sisi Madura sudah mencapai 80 persen. Sementara jembatan pendekat (Approuch Bridge) sepanjang 1.250 meter dan bentang tengah (Main Pain) baru akan selesai Juni mendatang.

“Dan untuk pekerjaan Approuch Bridge sisi Madura dan Main Pain dikerjakan oleh orang Cina. Sedangkan untuk Aprouch Bridge sisi Surabaya dikerjakan kontraktor Indonesia,” terangnya.

Menurut Hendriyanto, besok akan dilakukan penyambungan jembatan Suramadu yang berada di Main Pain sepanjang 5 meter. Adapun penyambungan tersebut dilakukan pukul 22:00 wib dengan disaksikan Menteri Pekerja Umum (PU).

Ia menambahkan, penyambungan dilakukan saat malam hari karena mempertimbangkan kondisi cuaca. Menurutnya, cuaca malam hari sangat cocok untuk dilakukan penyambungan dari pada siang hari. Dan dalam penyambungan tersebut dibutuhkan waktu 10 jam.

Perlu diketahui jembatan Suramadu memiliki panjang total 5.438 Meter. Sedangkan lebar jembatan yang memiliki dua arah masing-masing 30 meter. Dimana terdiri dari 2 jalur cepat, 1 jalur darurat, dan satu jalur untuk roda 2. (pulau madura)itsnain_bkl@yahoo.com