Kemarin dapat kabar dari teman yang bekerja di beacukai kalau ada info penerimaan CPNS tahun anggaran 2009, berikut surat edaran tersebut, silahkan di download. dan berikut sepintas isi dari surat edaran tersebut :

PENGUMUMAN
NOMOR: PENG- 01/PANPEN/VII/2009

TENTANG
PENYARINGAN/PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
GOLONGAN II DI LlNGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN
TAHUN ANGGARAN 2009

Dalam rangka mengisi formasi pegawai Departemen Keuangan R.1. Tahun Anggaran 2009,
Departemen Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk diterima
sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II yang akan ditugaskan di lingkungan Departemen
Keuangan R.1.pada posisi jabatan sebagai berikut :

I. NAMA JABATAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN

q

Catatan: ANT : Ahli Nautika Tingkat
ATT : Ahli Teknika Tingkat
II. PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Warga negara Indonesia;
2. Peserta merupakan lulusan :
2.1. D-III Pelayaran dengan IPK minimal 2,50 (dua kama lima not dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari      skala  4. (untuk Kode KP 1 dan 2);
2.2. SMK Pelayaran dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada ijasah tidak kurang dari 6,50 (enam kama lima not dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan). (untuk Kode KP 3 dan 4);
2.3. SMK Mesin/listrik/Elektronika/Bangunan Kapal dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada ijasah tidak kurang dari 7,00 (tujuh kama not not dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan). (untuk Kode KP 5 sampai dengan 8);

3. Untuk Juru Motor Tingkat I dan Juru Mudi Tingkat I, memiliki pengalaman praktik berlayar,dibuktikan dengan surat keterangan/reko\mendasi dari instansi terkait;

4. Usia berdasarkan tanggallahir yang tercantum dalam ijasah pada 1 Oesember 2009 :
4.1 Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk kode KP 1 dan 2;
4.2 Minimal 18 tahun dan maksimal 24 tahun untuk kode KP 3 s.d. 8;
5. Berjenis kelamin laki-Iaki dengan tinggi badan minimal 165 em;
6. Tidak buta warna, tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
7. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMO atau pegawai swasta;
9. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

III. TAT A CARA PENDAFTARAN
1. Berkas lamaran berisikan :
1.1. Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri Keuangan
Republik Indonesia;
1.2. Oaftar Riwayat Hidup sing kat;
1.3. Fotokopi ijasah/STTB/STL dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (ijasah sementara dan
surat keterangan lulus tidak berlaku) serta fotokopi sertifikasi ANT/ATT bagi pelamar
jabatan Juru Mudi dan Juru Motor;
1.4. Surat Keterangan Ookter Pemerintah yang menyatakan sehat rohani dan jasmani serta
tidak buta warna;
1.5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
1.6. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
1.7. Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku;
1.8. Surat Keterangan Pengalaman Berlayar dari perusahaan I pemberi kerja bagi jabatan
Juru Mudi Tingkat I dan Juru Motor Tingkat I.
2. Berkas lamaran di masukkan dalam stopmap berwarna :
2.1 Biru untuk lulusan 0-111 pelayaran;
2.2 Kuning untuk lulusan SMK Pelayaran;
2.3 Merah untuk lulusan SMK Mesin/Listrik/Elektronika/Bangunan Kapal,
3. Berkas lamaran disampaikan kepada Panitia Pusat Penyaringan/Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II di Lingkungan Oepartemen Keuangan Tahun Anggaran 2009 mulai tanggal 18 Juli 2009 sampai dengan tanggal 7 Agustus 2009 (cap pos) melalui P.O. BOX 1001 Jakarta 10000
4. Pada pojok kiri atas amplop dituliskan tempat lokasi pelaksanaan ujian yang diinginkan dan kode KP yang dipilih Lokasi ujian yang sudah dipilih tidak diperkenankan dig anti selama peserta mengikuti tahapan tes. Contoh : Jakarta I 1 (Lokasi Ujian I Kode Kualifikasi)

IV. SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN
1. Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi :
1.1 Seleksi Administrasi;
1.2 Tes Potensi Akademik (TPA);
1.3 Psikotes;
1.4 Tes Kemampuan Khusus dan Kebugaran;
2. Lokasi ujian akan dilaksanakan pada kota :
2.1. Jakarta;
2.2. Medan;
2.3. Batam;
2.4. Semarang;
2.5. Surabaya;

2.6. Situng;
2.7. Makasar.
3. Pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diumumkan pad a hari Selasa tanggal 19 Agustus 2009 melalui website Departemen Keuangan (www.depkeu.flo.idJ dan Kantor Perwakilan Departemen Keuangan di daerah;
4. Pelamar yang telah lulus Seleksi Administrasi akan diberikan Tanda Peserta Ujian (TPU). Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dilaksanakan pad a tanggal 24 dan 25 Agustus 2009 di Kantor Perwakilan Departemen Keuangan di daerah.

selengkapnya bisa di download disini : DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA