Universitas Riau merupakan salah satu Universitas Negeri di Propinsi Riau yang berkedudukan di Kota Pekanbaru. Tahun 2010/2011 penyaringan calon mahasiswa baru Universitas Riau dilakukan dengan empat pola yaitu melalui :
1. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD)
2. Penelusuran Bakat dan Minat (PBM)
3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)
4. Ujian Masuk Lokal Universitas Riau
5. Bina LingkunganPenyaringan calon Mahasiswa baru melalui Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) merupakan cara penyaringan yang didasarkan kepada derajat keberhasilan siswa Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA) selama mengikuti pendidikannya. Sedangkan PBM memiliki bakat dan minat dibidang olah raga dan seni minimal tingkat propinsi dengan tetap memperhatikan aspek kemampuan Akademik. Penelusuran Bibit Unggul Daerah & Penelusuran Bakat & Minat yang dilaksanakan Universitas Riau terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu :
1. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Bakat & Minat (PBM) terbuka bagi semua lulusan SMTA diwilayah Propinsi Riau sesuai program studi yang ada di Universitas Riau.
2. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) terbuka bagi semua lulusan SMTA di Propinsi Kepulauan Riau, kecuali untuk Fakultas Kedokteran dengan program studi Ilmu Keperawatan.
3. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) bagi semua lulusan SMTA di wilayah Sumatera/Kalimantan Barat, Kalsel, Kalteng dan Banten khusus untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Penelusuran Bibit Unggul Daerah dan Penelusuran Bakat & Minat bagi semua lulusan SMTA di wilayah Propinsi Riau dimaksudkan untuk menyaring calon mahasiswa untuk semua program studi yang ada dilingkungan Universitas Riau. Untuk jenjang Strata 1 (S1) dan Diploma III (D3), sedangkan Wilayah Propinsi Kepulauan Riau (KEPRI) penyaringan melalui pola Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) untuk seluruh Program Studi yang ada di Universitas Riau, kecuali Fakultas Kedokteran dan program Studi Ilmu Keperawatan khusus untuk pola penelusuran Bibit Unggul Daerah dan berada di wilayah Sumatera/Kalimantan Barat, Kalsel, Kalteng dan Banten diberikan kesempatan untuk ikut penyaringan calon mahasiswa hanya untuk program studi yang berada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau saja. Proses pengolahan data dengan penyeleksian PBUD & PBM dilakukan dengan komputer. Untuk itu peserta harus mengkaji dan menyimak sesuai petunjuk dengan teliti sebelum mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran. Semua isian yang tidak mengikuti petunjuk yang telah diberikan otomatis akan dianggap sebagai isian yang salah.

DOWNLOAD Buku Panduan PBUD Unri 2010